• Jalan Pulau Alor No. 36 Lantai 2 Denpasar - Bali
  • 082325.802.802
  • gunawan@sdmbali.com

UMK (Upah Minimum Kerja Kabupaten / Kota)

Pertanyaan : Apa sih Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) ?

Saya mempunyai restoran, saya masih bingung terhadap sistem penggajian karyawan restoran, apakah sama dengan bidang lainnya? Standar gaji pegawai restoran UMR, apakah bisa merupakan gaji pokok + uang makan + uang transport? Jadi, take home pay = UMR? Terima kasih.  

Jawaban singkat

Upah minimum adalah upah bulanan terendah berupa upah tanpa tunjangan atau upah pokok termasuk tunjangan tetap yang ditetapkan oleh gubernur sebagai jaring pengaman.

Bahasa mudahnya, UMK adalah semua uang yang dibawa pulang oleh pekerja yang jumlahnya TETAP (sama jumlahnya dari bulan ke bulan) dan tidak dipengaruhi (tidak dipotong) oleh ketidakhadirannya

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu komponen upah. Upah itu terdiri atas komponen:[3]

Apa yang dimaksud dengan upah pokok, tunjangan tetap, dan tunjangan tidak tetap?

  1.  adalah imbalan dasar yang dibayarkan kepada Pekerja/Buruh menurut tingkat atau jenis pekerjaan yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan.
  2.  adalah pembayaran kepada Pekerja/Buruh yang dilakukan secara teratur dan tidak dikaitkan dengan kehadiran Pekerja/Buruh atau pencapaian prestasi kerja tertentu.
  3.  adalah suatu pembayaran yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan Pekerja/Buruh, yang diberikan secara tidak tetap untuk Pekerja/Buruh dan keluarganya serta dibayarkan menurut satuan waktu yang tidak sama dengan waktu pembayaran Upah pokok, seperti tunjangan transport dan/atau tunjangan makan yang didasarkan pada kehadiran.

Ulasan Lengkap

SILAKAN KLIK  :  https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt4f1fe901b8298/apakah-besarnya-take-home-pay-setara-upah-minimum-

Share Yuk !!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Replay

TENTANG KAMI

Sumber Daya Manusia (SDM) telah diakui sejak lama menjadi bagian terpenting dari suatu bangsa, negara dan tentu saja bagi perusahaan. Namun dalam prakteknya SDM belum sepenuhnya mendapat prioritas yang pantas dan selayaknya.

Hanya saja, pada akhirnya kenyataan dan tuntutan zaman menggiring seluruh kalangan kembali mulai menyadari betapa pentingnya SDM dalam aspek kehidupan termasuk bagi perusahaan. Dalam kondisi seperti ini, SDM BALI mencoba mengambil peran (walau masih kecil) untuk turut serta dalam upaya peningkatan SDM khususnya di Bali.

Belum banyak institusi di Bali yang mengambil peran secara serius dalam hal peningkatan SDM Bali. Baik dalam hal peningkatan kemampuan Manajemen SDM para pelaku/praktisi, dalam hal training aplikatif peningkatan kualitas kemampuan SDM, maupun dalam hal menjembatani penyaluran freshgraduate SMK dan Kampus (dunia pendidikan) dengan dunia usaha di Bali. Bahkan secara umum, belum ada komitmen dan upaya yang konsisten dalam mensosialisasikan / memasyarakatkan arti penting SDM.

Motto SDM BALI adalah menggelar kegiatan yang MURAH (biayanya terjangkau), MERIAH (melibatkan sebanyak mungkin kalangan) dan tentu BERMANFAAT (aplikatif dapat diterapkan di perusahaan).

Beberapa program kerja yang lain dari Forum SDM Bali adalah :

  • Seminar Kumpul Bareng SDM Bali
  • Training Aplikatif SDM Bali
  • Konsultasi / Workshop Aturan Ketenagakerjaan
  • Sosialisasi tentang SDM melalui :
    • Pembuatan Fanspage Facebook dan Group Whatsapp Umum HR dan Per Cluster SKKNI MSDM
    • Pembuatan Website SDM Bali
  • Posko Pemagangan SDM Bali khususnya untuk para fresh graduate / lulusan SMK – Diploma Sarjana
1
Hai, Kami dari SDM Bali
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by